2. Masukkan Corner Layer Pertama.
Balikkan rubik sehingga cross yang kita buat tadi berada di bawah.
Balikkan rubik sehingga cross yang kita buat tadi berada di bawah.
Kita bisa menggunakan rumus berikut:
TIPS tambahan :
- Jika warna putih berada di atas, silakan lakukan R U2 R’ U’, maka akan membentuk kondisi pertama (warna putih berada di sisi kanan).
- Jika warna putih berada di bawah, maka lakukan R U R’ U’, maka ia akan berada di atas.
Jika tidak ada kondisi yang memenuhi, maka silakan putar-putar sisi atas sehingga ada kondisi yang memenuhi salah satu dari rumus di atas.
Jika edge yang bersangkutan sudah berada pada tempatnya tapi warnanya belum benar (contohnya seperti pada gambar di bawah), gunakan salah satu rumus di atas, sehingga edge yang bersangkutan tadi berpindah ke layer atas, dan kita bisa memasukkannya ke tempatnya yang benar dengan salah satu rumus di atas.
4. Membuat Cross Sisi Atas.
Perhatkan area cross sisi atas, jangan perhatikan yang lain.
Perhatkan area cross sisi atas, jangan perhatikan yang lain.
Hanya ada 3 kondisi yang mungkin terjadi:
Lakukan salah satu dari rumus di atas, maka akan terbentuk kondisi 1 atau kondisi 2. Selesaikan dengan salah satu rumus itu lagi.
5. Meratakan sisi kuning atas.
Bentuk terus dengan posisi seperti gambar dan ulangi langkah R U R' U R U2 R'
Jika ada posisi seperti :
Bentuk terus dengan posisi seperti gambar dan ulangi langkah R U R' U R U2 R'
Jika ada posisi seperti :
6. Memperbaiki pojok layer
Maksudnya adalah menempatkan corner sesuai pada tempatnya, misalnya pada sisi merah maka corner harus merah, pada sisi hijau corner harus hijau, begitu juga dengan warna lain.
- Letakkan corner yg sudah jadi dikiri
- Lalu kita jadikan yang kanan, Algoritmanya R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L.
Lihat warna pada edge seperti ini.
Keterangan gambar diatas : B (Back itu artinya Belakang), F (Front itu artinya Depan). Pada sisi B adalah sisi yang sudah jadi atau mempunyai warna yg sudah lengkap.
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Bila searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U L R' F2 L' R U F2
Edge merah akan kita pindah ke sisi kiri berarti searah jarum jam. (ingat sisi dengan warna sudah lengkap atau sudah jadi taruh di belakang/back (B).
Bila searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U L R' F2 L' R U F2
Bila tak searah jarum jam algoritmanya adalah F2 U' L R' F2 L' R U' F2.
Komentar
Posting Komentar